Bahan TC

Mengenal Bahan Kain TC Kelebihan, Kekurangan Dan Karakteristiknya

Bahan Kain TC (Teteron Cotton) adalah salah satu bahan kaos yang beredar dipasaran. Bahan ini terbuat dari campuran antara serat alami yang berupa serat kapas dengan serat sintetis yang berupa serat polyester (PE). Kedua jenis serat tersebut dicampur dengan perbandingan 65% untuk polyester dan 35% untuk serat katunnya hingga terciptalah bahan TC ini.

Teteron sendiri merupakan jenis dari bahan polyester yang diinovasikan di negeri matahari terbit, Jepang. Istilah teteron ini merupakan nama yang didapatkan dari hasil kontes yang dilakukan oleh perusahaan Toyo Rayon. Polyester ini terbuat dari serat sintetis yang berupa fiberpoly. Fiberpoly merupakan material yang digunakan dalam proses pembuatan biji besi.

Karena terbuat dari serat sintetis, polyester memiliki karakter cenderung panas dan tidak mampu menyerap keringat. Karena bahan TC lebih banyak mengandung polyester dibandingkan dengan bahan ripstop yang mengandung nylon, maka karakter bahan yang cenderung panas ini menurun juga ke bahan TC.

Meskipun memiliki kekurangan seperti ketidakmampuannya dalam menyerap keringat, bahan polyester ini juga memiliki kelebihan. Kelebihannya yaitu bahan ini awet karena terbuat dari serat sintetis. Bahan polyester ini akan tetap bertahan meskipun telah direndam dalam waktu 3 jam.

Sementara Catton merupakan sebutan untuk jenis serat alami yang mulanya berasal dari pohon kapas. Nah, penggabungan dua istilah inilah yang menghasilkan nama TC (Teteron Catton).

Karakteristik

Bahan kain TC memiliki karakter yang tidak terlalu nyaman digunakan karena bahan ini tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Kualitas bahan ini juga lebih rendah dari bahan sejenis seperti CVC. Karena kualitasnya yang lebih rendah, maka harganya pun lebih rendah dari bahan CVC.

Seiring berkembangnya teknologi, kini telah hadir TC Soft. TC Soft merupakan jenis dari bahan TC dengan karakter yang lebih lembut dari bahan TC pada umumnya. Kelembutan bahan TC Soft ini bahkan menyerupai bahan katun.

Untuk bisa membedakan antara TC Soft dengan katun, anda bisa melakukan percobaan dengan mengenakan kaos dengan bahan TC Soft dan bahan Katun dibawah terik matahari. Apabila terasa panas, maka kemungkinan besar kaos yang anda gunakan itu terbuat dari bahan TC Soft yang kandungan katunnya tidak 100%. Hal ini dikarenakan untuk kaos dengan bahan katun yang mengandung 100% serat alami akan tetap terasa adem meskipun digunakan di bawah terik matahari.

READ  Inspirasi Desain Jersey Futsal Berkerah

Sama seperti bahan yang mengandung katun pada umumnya, bahan TC ini juga dibedakan berdasarkan ketebalannya. Bahan TC ini terdiri dari TC 20s, 24s, dan 30s. Semakin kecil angka yang terdapat pada kode tersebut menujukan bahwa kain kasa itu semakin tebal. Artinya bahan TC 20s lebih tebal dari bahan TC 30s.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dimilki oleh bahan kain TC adalah tidak mudah kusut. Bahan dengan kandungan polyester yang tinggi memang lebih mudah disetrika dibanding dengan bahan yang terbuat dari bahan katun. Kelebihan lain yaitu bahan ini tidak cepat melar ataupun menyusut meski telah dipakai dan dicuci berulang kali. Kelebihan yang lainnya adalah bahan TC ini termasuk bahan yang ditawarkan dengan harga murah. Hal ini tentu saja karena harga serat polyester lebih murah dari harga katun.

Kekurangan

Kandungan bahan polyester yang lebih banyak dari katun membuat bahan TC menjadi lebih terasa panas saat dikenakan. Selain itu kemampuan menyerap keringatnya juga tergolong rendah karena bahan polyester memang tidak bisa menyerap keringat.